Ads 468x60px

Monday, March 18, 2013

0
Khasiat Buah Sukun


KHASIAT BUAH DAN DAUN SUKUN
Manfaat buah sukun untuk sejak lama yaitu untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Manfaat buah sukun sangat baik untuk dikosumsi bagi penderita jantung, ginjal, diabetes serta penderita penyakit liver, selain itu khasiat buah sukun juga melancarkan pencernaan serta menperkuat tulang dan gigi.

MANFAAT BUAH SUKUN SEBAGAI MAKANAN DIET
Apabila dibandingkan dengan bahan pangan pokok lainnya, buah sukun ternyata memiliki banyak khasiat, dibandingkan dengan manfaat ubi jalar, ubi kayu, maupun kentang, buah sukun memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang lebih tinggi dan bahkan dibandingkan dengan beras, kandungan karbohidrat sukun terbilang setara, namun kalori sukun sangat rendah, sehingga cocok sebagai menu diet yang sehat.

KANDUNGAN BUAH SUKUN
Menurut penelitian kandunagn buah sukun juga terbilang tinggi, baik mineralnya maupun kandungan vitaminnyadan juga mengandung banyak unnsur fitokimia yanng sangat penting bagi tubuh, terutama dari beberapa jenis asam amino esensial, seperti isoleusin, methionin, lysine, histidine, ryphophan, serta valin. Selain buahnya, daun sukun ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang ilakukan oleh LIPI menyimpulkan bahwa ekstrak daun sukun banyak mengandung betasitosero dan flavanoid yang mampu mengatasi penggumpalan rombosit yang menghambat peredaran darah dalam jantung.

MANFAAT DAUN SUKUN
Manfaat daun sukun sengat efektif untuk mengobati beberapa penyakit kronisseperti penyakit liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa dan penyakit jantung. Khasiat daun sukun dalam mengobati berbagai macam penyakit tersebut dikaranakan daun sukun mengandung beberapa unsur seperti asam hidrosianat, asetilcolin, ribofavlin, tannin dan beberapa senyawa lainnya. Secara empiris manfaat daun sukun juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan ginjal. Melalui penelitian yang dilakukan oleh LIPI dan penelitian asal china disimpulkan bahwa daun sukun sangat berguna untuk mengobati penyakit kardiovaskuler. untuk mengobati penyakit ginjal, daun sukun cukup direbus kemudian diminum airnya setiap hari secara rutin. Memang hal ini perlu kedisiplinan dan ketelatenan karena harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka panjang. Untuk mengobati jantung, anda sebaiknya memilih daun sukun yang sudah berumur tua karena daun sukun yang telah berumur tua memiliki kandungan zat yang maksimal. Satu hal yang paling pentting sebelum anda mengkosumsi daun sukun.

“Warning”
Jika anda sedang mengkosumsi daun sukun sebagai salah satu terapi pengobatan sebaiknnya anda menghindari mengkosumsi daun singkong, daun bayam dan daun kangkung. Anda juga harus menghidari mengkosumsi jeroan dan daging merah karena akan membuat dara menjadi kental sehingga dapat menimbulkan kram pada otot.

0 comments:

Post a Comment

 
Turut Mencerdaskan Anak Bangsa | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards